Cara Ternak Ikan Gabus

Cara Ternak Ikan Gabus - Budidaya Ikan Gabus atau biasa disebut Beternak Ikan Gabus sudah tidak asing lagi kita dengarkan, hal ini dikarenakan hasil dari ternak ikan gabus memang sangat menjanjikan. untung dari harga penjualan ikan gabus sangat memuaskan dan beternak ikan gabus juga tidak terlalu susah. dalam hal ini Budidaya ikan gabus memang ada beberapa hal dalam beternak ikan gabus yang memang sangat harus kita ketahui. diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara Ternak Ikan Gabus

Cara Ternak Ikan Gabus

Cara Ternak Ikan Gabus
  • Pembuatan Kolam Untuk Ikan Gabus
  • Penetasan Telur Ikan Gabus
  • Larva Ikan Gabus
  • Bibit Ikan Gabus Jantan dan Bibit Ikan Gabus Betina
  • Pendederan Ikan Gabus


A. Pembuatan Kolam Untuk Ikan Gabus
Kolam untuk budidaya atau ternak ikan gabus tidak terlalu susah untuk membuatnya, cukup dengan membuat kolam yang biasa seperti ternak pada ikan lele, bisa membuat kolam dari semen atau hanya menggunakan terpal saja. namun usahakan agar air tidak berbau terutama jika kita membuat kolam dari semen karena hal itu akan sangat berpengaruh pada kesehatan ikan gabus.

B. Penetasan Telur Ikan Gabus
Penetasan telur ikan gabus tidak la sulit, jika anda belum memiliki kolam untuk penampungan ikan gabus anda bisa menggunakan akuarium untuk menetaskan telur ikan gabus, bahkan dengan cara ini akan lebih baik dan lebih memudahkan kita untuk mengontrol proses penetasan pada ikan gabus.

C. Larva Ikan Gabus
Dalam proses pemeliharaan larva pada ikan gabus di mulai dari 2 hari sesaat ikan gabus menetas, proses pemeliharaan ini akan berlangsung selama 15 hari atau sampai larva ikan gabus berumur 15 hari.
dalam proses pemeliharaan ini kita sudah di haruskan untuk memberi pakan pada larva ikan gabus, pakan yang bisa kita berikan pada ikan gabus bisa berupa Naupli Artemia dari diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari. dan ada juga hal yang sangat harus kita perhatikan dalam proses pemeliharaan ini ialah air pada akuarium atau kolam tempat pemeliharaan yang harus kita ganti atau kuras selama 3 hari sekali. karena kebersihan air akan berpengaruh pada pertumbuhan anak ikan gabus. air yang kotor akan menyebabkan ikan gabus mudah sakit dan steres bahkan ikan gabus bisa mati.

D. Bibit Ikan Gabus Jantan dan Bibit Ikan Gabus Betina
Yang selanjutnya adalah pemilihan bibit ikan gabus jantan dan bibit ikan gabus betina. untuk membedakan ikan gabus jantan dan ikan gabus betina bisa anda lihat dari jenis kelaminnya. untuk ikan gabus jantan bentuk kelamin berbentuk lonjong dengan warna tubuh ikan gabus jantan agak gelap. sedangkan pada ikan gabus betina berbentuk lubang dan akan mengeluarkan cairan berwarna bening pada saat kita urut perutnya dan warna tubuh agak terang.

E. Pendederan Ikan Gabus
Pada proses pendederan ini yang harus kita lakukan pertama kali ialah persiapan pada kolam yang akan kita gunakan untuk pendederan. kolam yang akan kita gunakan hendaknya kita beri sedikit kotoran ayam di dasar kolam, beri air yang bersih namun air jangan terlalu banyak, kira-kira setinggi kurang lebih 40 cm. lalu biarkan dulu selama kurang lebih 5 hari baru setelah itu larva ikan gabus kita masukkan ke dalam kolam. beri pakan pelet 3 kali dalam sehari. dan setiap 1 minggu sekali air kolam haru di ganti atau di kuras. jika ada ikan gabus yang sakit atau kurang sehat pisahkan dari kolam dan masukkan ke dalam akuarium beri perawatan khusus seperti pemberian pakan dan obat khusus untuk ikan gabus.

Itu lah tadi Cara Ternak Ikan Gabus, bagi anda yang ingin beternak dan budidaya ikan gabus kami harapkan dengan informasi yang kami berikan ini akan mempermudah dan membantu anda.
Atas kunjungan anda di Dunia Binatang kami ucapkan Terima Kasih.