Cara Beternak Itik

Cara Beternak Itik, Iya barang kali informasi tentang ternak itik memang sudah banyak yang tau bagaimana cara dan langkah-langkah dalam budidaya itik.
Namun disini Dunia Binatang masih akan memberikan informasi cara beternak itik karena mungkin masih ada yang belum tau dan mungkin juga ada perbedaan-perbedaan antara informasi yang kami berikan dengan informasi dari tempat lain.

Cara Beternak Itik

Cara Beternak Itik

Cara Beternak Itik

Cara Beternak Itik

Cara Beternak Itik

Namun sebelum kita memulai beternak hendaknya kita menyiapkan beberapa hal yang sangat penting dan sangat berpengaruh pada proses pembiakan itik dan kesehatan itik agar menghasilkan Itik Yang Berkualitas Bagus. Ada pun hal-hal yang harus kita ketahui seperti, pakan/makanan untuk itik, dan obat jika itik sakit atau setres, dan juga pakan untuk menambah nafsu makan itik. Pemeliharaan itik yang berumur 5-8 minggu, umur 8-20 minggu ke atas,juga yang berumur 20 minggu ke atas, juga sangat penting kita ketahui guna untuk menjadi bekal kita disaat ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada itik ternak kita. Pemeliharaan itik tidak memakan waktu lama, dimana kita sudah bisa melihat hasilnya dalam waktu 2 sampai 3 bulan.

Usaha peternakan itik dan budidaya itik ini sudah sangat pesat di Indonesia. Agar Terna Itik atau Budidaya Itik ini dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi para peternak itik hendaknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Seleksi Bibit:  Ada pun Bibit itik di Indonesia dibagi dalam dua kelompok antara lain:

Itik Tegal
Ciri-ciri Itik Tegal: warna bulu putih polos, warna paruh dan kaki kuning.

Itik Mojosari Jawa Timur
Ciri-ciri Itik Mojosari: warna bulu cokelat, warna paruh dan kaki hitam.

Itik Alabio Amuntai Kalimantan Selatan.
Ciri-ciri Itik Alabio: badannya lebih besar dibanding itik Tegal.

Itik Asahan yang sering ditemukan di Tanjung Balai Sumatera Utara.

Jenis Pakan Untuk Itik antara lain: seperti jagung, dedak padi.

Kandang Itik
Pada umumnya itik memang sangat berada di tempat yang agak basah, becek, dan berlumpur, namun untuk kandangnya kita haruskan agar kandang itik tetap kering. Dan disekitaran kandang harusnya Dekat dengan sumber air, dan buatlah kolam untuk itik agar pada saat kita lupa memberi air tidak akan membuat itik kita sakit karena kehausan. untuk membuat kandang anda bisa menggunakan bambu dan di beri atap.

Kesehatan
Penyakit Berak Kapur: Penyebabnya Bakteri Salmonella Pullorum, Tanda-tandanya seperti Berak putih dan agak lengket.
Untuk mencegah penyakit berak putih pada itik adalah jaga Kebersihan kandang, kebersihan pakan/makanan, minuman, dan pisahkan itik yang sakit karena takut menular pada itik yang lain.

Penyakit Cacing.
Tanda-tanda Itik Terkena penyakit cacing adalah seperti Nafsu makan kurang.
Cara mencegahnya: Kandang yang kering tidak lembab dan makanan harus bersih.

Penyakit Lumpuh di akibatkan oleh Kekurangan vitamin B.
Tanda-tandanya seperti: Kaki bengkak, keluar air mata berlebihan.
Cara mencegahnya: Pemberian sayuran segar setiap hari.

Itu lah tadi tips Cara Beternak Itik, bagi yang ingin Budidaya Itik anda bisa belajar dari beberapa hal yang di jelaskan di atas agar hasil ternak anda bisa memuaskan.
Bagi yang mempunyai hewan peliharaan dan ingin mencari tips dan cara-cara dalam beternak anda bisa belajar di Dunia Binatang.