Cara Budidaya Ayam Kampung Yang Benar


https://animals-hewan.blogspot.com/2017/11/cara-budidaya-ayam-kampung-yang-benar.html

Cara Budidaya Ayam Kampung Yang Benar - Berikut ini saya akan berbagi langkah-langkah jika anda ingin ternak ayam kampung, ternak atau budidaya ayam kampung memang tidak terlalu pamiliar seperti ternak ayam potong atau pun juga seperti ayam bangkok, akan tetapi jika kita tahu bahwa kalau kita memelihara ayam kampung juga memiliki keuntungan seperti harga ayam kampung lebih mahal dari pada jenis ayam lainnya pasti kita tidak akan keberatan untuk mencoba budidaya ayam kampung. hal menguntungkan dari ayam kampung lainnya seperti telur ayam kampung, telur ayam kampung memiliki banyak peminat hal ini dikarenakan kegunaan dari telur ayam kampung sangat lah banyak.

Di indonesia banyak jenis ayam kampung, dari berbagai daerah ayam kampungnya juga memiliki jenis-jenis tersendiri, seperti ayam sumatera, ayam pelung, ayam nunukan, ayam samba, ayam kedu, ayam arab dan lain-lain.
Dengan berbagai jenis ayam kampung yang saya sebutkan tadi intinya adalah ayam kampung yang berasal dari setiap daerah juga memberikan ciri-ciri sehingga kita tahu, misalnya ayam kampung sumatera sudah pasti ayam itu dari daerah sumatera.
Berikut ini beberapa langkah yang harus diperhatikan dan garus kita ketahui jika kita akan berternak ayam kampung, sehingga kita bisa menghasilkan untung yang hasil ternak yang menguntungkan baik itu dari telurnya hingga ke hasil ayam ternak yang kita kelola.

https://animals-hewan.blogspot.com/2017/11/cara-budidaya-ayam-kampung-yang-benar.html

https://animals-hewan.blogspot.com/2017/11/cara-budidaya-ayam-kampung-yang-benar.html

Dari tips cara budidaya ayam kampung berikut ini ada 4 hal yang akan saya bahas guna berbagi cara ternak ayam kampung yang benar, 4 diantaranya adalah. 1. Cara memilih bibit ayam kampung yang baik. 2. Kandang ayam kampung. 3. Pakan ayam kampung. 4. Penyakit ayam kampung.

Baiklah berikut langkah-langkahnya:
1. Cara memilih bibit ayam kampung yang baik
Memilih bibit yang bagus tidak lah susah, kita cukup melihat dari segi fisik, misalnya kita harus mencari dan meilihat bahwa bibit yam kampung tersebut tidak sedang sakit dan memiliki postur tubuh yang besar, selanjutnya dari segi kelincahan, jika ayam itu aktif dan lincah itu merupakan ciri-ciri bibit yang bagus, bibit-bibit yang bagus itu pastilah harus kita lihat dan terlahir dari jenis indukan yang bagus pula.

2. Kandang ayam kampung
Kandang ayam kampung juga sangat penting kita ketahui baik dari cara membuat dan juga situasi dan kondisi dari kandang itu sendiri. Yang pertama yang harus kita ketahui adalah lokasi tempat kita akan membuat kadang ayam kampung, sebaiknya kadang ayam yang akan kita buat terletak ditempat yang agak jauh dari rumah kita terutama rumah orang lain agar tidak mengganggu. selanjutnya buat lah kandang ayam dengan arah menghadap ke arah matahari terbit, hal ini berguna untuk membantu menambah kesehatan fisik dari ayam kita disaat pagi hari. yang berikutnya pastikan kandang selalu kering dan tidak lembab agar kesehatan ayam selalu terjaga, lalu pastikan kadang selalu bersih, jika kandang ayam bersih penyakit guna menghindari penyakit menular pada ayam, hal ini berguna untuk mencegahnya. yang terakhir adalah perhatikan ukuran kandang jangan sampai terlalu kecil sehingga ayam berdesakkan didalamnya, dan buat isi dalam kandang teratur seperti satu kandang terdiri dari berapa ekor ayam.

3. Pakan ayam kampung
Pakan ayam kampung tidak diharuskan dengan pelet atau pun konsentrat, hal itu tidak menjadi keharusan karena itu merupakan salah satu dari keuntungan budidaya ayam kampung. ayam kampung bisa kita beri pakan apa saja asalkan tidak sehat dan tidak memiliki resiko akan penyakit menular yang bisa membahayakan ayam. pakan yang kita berikan pada ayam utamakan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

4. Penyakit ayam kampung
Jenis-jenis penyakit ayam kampung seperti, penyakit cacing ayam, penyakit tetelo, penyakit berak kapur, penyakit berak darah, dan penyakit gumboro. dari jenis-jenis penyakit itu tadi bisa kita hindarkan dari ayam kampung yang kita ternak dengan menggunakkan cara berikut ini. menjaga kebersihan kandang ayam dan memberikan pakan yang kaya akan gizi dan vitamin.

Demikian tadi tips Cara Budidaya Ayam Kampung Yang Benar, ternak ayam kampung tidak terlalu rumit seperti ternak ayam lainnya.
Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca tips dan trik terbaik dari kami.