Cara Ternak Ikan Lele

Cara Ternak Ikan Lele
Ternak Ikan Lele atau biasa disebut Budidaya Ikan Lele mungkin sudah tak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat indonesia setempat, Ternak ikan lele adalah salah satu usaha masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga pasalnya ternak ikan lele yang terbilang mudah sehingga kesempatan ini dimanfaatkan oleh para peternak karena permintaan pasar akan ikan lele yang selalu meningkat. Ternak atau Budidaya ikan lele untuk sebagian orang sudah menjadi tonggak perekonomian yang kian banyak persaingan di berbagai daerah, kini hanya mengandalkan hasil yang memuaskan bagi konsumen. adapun hasil yang bisa dibilang memuaskan bagi pembeli atau konsumen ialah dengan cara menghasilkan ikan lele yang berkualitas baik, baik itu dari rasa dari ikan lele ketika konsumen memakannya juga bisa dengan cara menghasilkan ikan lele yang berukuran besar dan lain sebagainya.

Untuk membudidayakan ikan lele atau cara ternak ikan lele sudah pasti kita akan melalui beberapa tahanpan yang sangat penting untuk menghasilkan kualitas ikan lele yang bagus. pada tahapan ini akan dijelaskan mulai dari pemilihan tempat atau lokasi untuk ternak ikan lele, pemilihan bibit ikan lele, penetasan ikan lele, bembesaran benih ikan lele, dan beberapa hal yang sangat harus diketahui pada saat ternak atau budidaya ikan lele.

Tempat atau lokasi
Ternak lele biasanya oleh kebanyakaan peternak dengan menggunakan media tempat seperti Kolam tanah, kolam semen yang dibuat dengan seperti bak maindi juga seperti kolam yang menggunakan terpal. namun semua media tempat atau lokasi itu umunya sama hanya saja yang harus kita perhatikan ialah air yang akan dijadikan tempat ikan lele yang akan kita kembang biak kan. Air pada kalom ikan lele usahakan jangan sampai menggunakan air hujan atau juga jangan sampai didalam kolam ikan lele lebih banyak air hujan, hal ini dikarenakan air hujan mengandung PH 3,0 sampai 4,5 ini bisa membahayakan ikan lele.
Cara Ternak Ikan Lele

Masukkan air kedalam kolam lalu diamkan selama 1 atau 2 minggu sehingga air akan menjadi normal dan akan berwarna kehijauan baru la bibit ikan lele siap dimasukkan ke dalam kolam.

Bibit Ikan Lele
Bibit biasanya terdiri dari bibit ikan lele betina dan bibit ikan lele jantan, hal ini sangat penting diketahui agar tidak salah dalam peletakannya.
Adapun ciri dari bibit lele betina dan bibit lele jantan sebagi berikut:
Cara Ternak Ikan Lele

ciri lele jantan
  • Memiliki ukuran dari kepala lebih kecil dari lele betina.
  • Warna lele jantan lebih gelap.
  • Jenis kelamin lebih menojol dan berwarna agak kemerahan.
  • Gerak dari lele jantan lincah.

ciri lele betina
  • Ukuran kepala besar.
  • Warna agak terang.
  • Jenis kelamin tidak menonjol (berlubang).
  • Perutnya lebih gendut atau gembung.

Pilihlah bibit atau induk lele dengan umur yang sudah cukup atau sudah dewasa. untuk lele lokal dan lele dumbo sama, bisa berumur 6 sampai 8 bulan baru bisa dijadikan indukan atau bibit.

Penetasan ikan lele
Ketika benih (anak ikan lele) sudah berumur 1 minggu pisahkan la induk betina dari kolam biarkan lele jantan yang menjaga benih tersebut, setelah sampai benih berumur 2 minggu kemudian pisahkan dari lele jantan untuk dibesarkan di kolam lain dan biarkan terpisah dari induk lele jantan dan induk lele betina.
Cara Ternak Ikan Lele

Cara Ternak Ikan Lele

Pembesaran anak ikan lele (benih)
Selama 3 hari dari awal menetas benih tidak usah diberi makanan atau pakan, setelah hari ke 4 sampai selama 2 minggu benih harus diberi pakan atau makan zooplankton (daphnia dan artemia) yang sangat baik untuk benih karena mengandung protein sampai 60%, beri la pakan atau makan benih sebanyak 4 kali dalam sehari.

Hal-hal yang harus diketahui
  • Dalam ternak ikan lele hendaknya mengisi minimal 150 ekor lele dalam 1 kolam, dan maksimal 250 lele dalam satu kolam. jika jumlah lele yang dimiliki lebih banyak dan tidak memilki kolam lain hendaknya anda lebih sering mengganti airnya.
  • Ikan lele juga memilki penyakit walaupun ia lebih senang dikolam yang keru dan berlumpur, Penyakit yang bisa di alami oleh ikan lele seperti luka-luka pada kulitnya, ikan lele hilang keseimbangan, sirip geripis, perut memerah dll. maka dari itu sering-sering la memberi obat pada lele.
  • Lele juga bersifat kanibal, hal ini terjadi dikarenakan lele kelaparan.

Demikain Cara Terna Ikan Lele hasil dari beberapa sumber yang didapat oleh Dunia Binatang, semoga bermakna positif dan bermanfaat.

Cara Ternak Ikan Lele - Dunia Binatang